Total Tayangan Halaman

Minggu, 25 Desember 2011

kearifan masyarakat pesisir di maluku

tugas antropologi masyarakat pesisir kali ini membahas tentang kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat maluku dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan. Maka saya mencari kearifan yang bagus untuk dibahas yaitu kearifan yang dimiliki masyarakat kecamatan leitimur selatan (rutong, leihary, hutumuri) dalam memanfaatkan cacing laut (lysidice oelo) atau biasa disebut oleh orang maluku yaitu laor.

kearifan-kearifan yang dimiliki oleh masyarakat setempat yaitu :
1. Kearifan dalam menentukan waktu pemanfaatan laor
2. Kearifan masyarakat menggunakan alat dalam pemanfaatan laor
3. Kearifan masyarakat dalam mengolah dan mengawetkan laor

Kearifan masyarakat kecamatan leitimur selatan terletak pada bagaimana mereka mengolah sumberdaya yang menurut pandangan mata, merupakan hewan laut yang berbentuk cacing dan pada umumnya dianggap jijik oleh masyarakat, menjadi makanan uang sangat nikmat dan digemari oleh masyarakat.

Itu belum semua dari hasil tugas saya yang di posting mengingat tugas ini tidak boleeeh sama jadi itu sedikit contoh agar teman2 agp angkatan 2010 n 2009 memahami. Trima kasih untuk Dr. Ir. V. J. Pical, M. Si karena telah memberi tugas yang sangat bermanfaat setiap kali pertemuan itu merupakan salah satu motivasi bagi saya dan teman2 sekalian agar dapat memahami karakteristik dari masyarakat pesisir dan dukungan semangat yang slama ini ibu berikan untuk kami..
And i say "WE CAN DO" hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar